Permainan Memanggil Hantu Yang Menakutkan Di Dunia
Sahabat semua pasti tidak asing
lagi dengan kata Jelangkung. Permainan tradisional
Indonesia ini merupakan sarana ritual memanggil arwah dari orang yang sudah
meninggal. Ternyata permainan memanggil hantu tidak hanya ada di Indonesia,
beberapa negara juga memiliki permainan memanggil hantu. Bagi banyak orang
permainan-permainan berikut memang menyeramkan, tetapi bagi sebagian orang
mungkin justru menguji keberanian. Inilah 7
permainan memanggil hantu di dunia :
1. KOKKURI
DARI JEPANG
Jepang merupakan
negara maju yang memiliki banyak permainan-permainan misterius salah satunya
adalah Kokkuri.
Permainan yang sangat
populer di Jepang ini dilakukan oleh dua orang atau lebih , permainan ini
menggunakan papan dan bertuliskan huruf-huruf dan sebuah koin 10 yen. Para pemain
bersama-sama kemudian akan meletakkan jari diatas koin 10 yen tersebut,
kemudian mulai bertanya apakah Kokkuri San sudah hadir, jika koin bergerak
kehuruf “ya” maka mereka bisa mulai bertanya. Hal yang paling sering ditanyakan
pada mahkluk yang dipanggil melalui papan Kokkuri adalah cinta dan kesuksesan. Kokkuri
berasal dari kata “kok” yang berarti rubah “ku”
yang berarti anjing dan “ri” yang berarti rakun. Dalam mitologi jepang
ketiga hewan ini memiliki simbol-simbol khusus , rubah dikenal sebagai hewan
cerdik yang suka menipu, anjing merupakan simbol kesetiaan, dan rakun dikenal
sebagai pembawa keberuntungan. Setelah memainkan permainan para pemain harus
mengucapkan selamat tinggal pada mahkluk halus yang sudah dipanggil agar tidak
mendatangkan nasib buruk. Biasanya yang sering memainkannya adalah remaja
jepang yang penasaran dengan masa depan mereka.
2. OUIJA
BORD DARI CINA
Mirip seperti
Kokkuri, Ouija adalah permainan memanggil hantu yang juga menggunakan papan
serta pemainnya yang juga berjumlah dua orang atau lebih . sebenarnya permainan
memanggil hantu menggunakan papan sudah muncul dicina pada tahun 1100 SM,
tetapi papan Ouija akhirnya dirancang oleh dua pemuda bernama Elijah Bond dan
Charles Schernat. Papan permainan mereka bertuliskan kata “Yes” “NO” “Good bye”
huruf “A-Z” dan angka “0-9” , mereka juga membuat sebuah papan kecil yang bisa
dijalankan diatas papan bertulisan tadi. Elijah dan Charles mematenkan papan
cipataan mereka dan memproduksikan nya secara massal.
Setiap pemain meletakkan jarinya diatas papan kecil dan mulai memanggil arwah untuk berkomunikasi, jika arwah sudah hadir diantara mereka , arwah tersebut menggeser papan kecil yang mereka sentuh dan menunjuk ke huruf-huruf yang ada dipapan. Ternyata banyak kasus aneh yang terjadi setelah memainkan permainan ini, seperti yang pernah terjadi pada tiga pemuda di Mexico. Awalnya mereka bermain Ouija disebuah rumah kosong , namun beberapa menit kemudian seorang dari mereka tiba-tiba mengeram dan meronta-ronta seperti dirasuki sesuatu. Anehnya ketika diperjalanan menuju rumah sakit dua orang pemuda yang lain juga mengalami hal yang sama seperti temannya, mereka sempat menyebutkan bahwa mereka akan mati . setelah bermain Ouija disarankan para pemain agar benar-benar mengucapkan selamat tinggal pada arwah yang dipanggil , setelah itu pastikan bahwa arwah tersebut telah kembali kealam nya dengan merasakan papan kecil yang digerakkan sang makhluk halus terasa ringan.
3. CROSSROAD
DIVINATION DARI EROPA
Berkomunikasi dengan
makhluk astral ternyata juga bisa dilakukan dengan berjalan sendirian
dipersimpangan jalan yang sepi dan gelap. Permainan ini dinamakan Crossroad Divination , alat yang digunakan
adalah sebuah sisir dan sebuah kertas atau buku. Biasanya dalam mencoba hal ini
harus dilakukan sendirian, bangsa Eropa percaya bahwa di persimpangan jalan
banyak arwah yang bergentayangan, arwah-arwah ini kadang menyamar menjadi
manusia dan membantu manusia untuk melihat masa depan.
Untuk bermain Crossroad Divination seseorang harus mendekati persimpangan jalan diatas jam 12 malam atau ketika keadaan persimpangan jalan sudah sepi dengan mengetuk sisir dan mengucapkan permohonan untuk memberi petunjuk yang benar orang tersebut berjalan menuju persimpangan jalan. Ketika bertemu orang asing Ia harus menutup muka nya dengan kertas dan menanyakan beberapa hal tentang masa depan. Orang asing tersebut akan menjawab pertanyaan nya, jika orang asing yang ditemui tidak mau memberi tau pemain Crossroad Divination harus mencari orang asing yang lain, permainan ini juga terdapat di Jepang dengan nama “Suji Ura” .
4. THE
PENCIL GAME DARI MEKSIKO
Selanjutnya adalah
permainan memanggil hantu yang dikenal dengan nama The Pencil Game, hanya
menggunakan 6 pensil yang dipegang 2 orang pemain bisa bermain dengan arwah
yang bernama Charlie.
Permainan yang berasal dari Meksiko ini bekerja hampir sama dengan jelangkung yaitu menjawab pertanyaan, namun jawaban dari pertanyaan itu hanya “iya” “tidak” dan “mungkin”. Awalnya keenam pensil disusun membentuk persegi panjang dan dipegang oleh kedua pemain, lalu pemain serentak menyebutkan “charlie..charlie...can we play” jika pensil bergerak ketengah maka jawabannya “ya” dan pertanyaan lain boleh dilontarkan , jika pensil bergerak kearah luar maka jawaban dari arwah adalah “tidak” dan jika bergerak tidak beraturan maka jawabannya “mungkin” atau “tidak tau” jika pertanyaan yang diutarakan sudah habis maka pemain harus berpamitan dengan arwah yang di panggil. Kedua pemain harus mengatakan “charlie..charlie.. can we stop” ketika pensil bergerak ketengah maka sang arwah setuju untuk berhenti dan pemain harus melemparkan pensil kelantai dan berkata “goog bye” sebagai salam perpisahan , jika arwah tidak mau berhenti maka pemain harus mengutarakan nya lagi sampai Ia setuju. Konon jangan sekali-kali memberhentikan permainan tanpa berpamitan dengan arwah karena arwah tersebut akan menghantui para pemain.
5. BLOODYMARY
DARI AMERIKA SERIKAT
Berikutnya adalah
permainan Bloodymary yang berkembang di Amerika Serikat. cara permainan nya
sangat sederhana yaitu dengan menyebutkan “bloodymary” sebanyak 3x didepan
cermin , konon arwah wanita tersebut akan muncul mendatangi orang yang
memanggilnya.
Media lain yang biasanya disiapkan adalah lilin pengganti cahaya lampu yang dimatikan, kebanyakan orang memainkan Bloodymary didalam kamar mandi yang ada cerminnya, caranya dengan mematikan lampu kamar mandi lalu menghidupkan lilin sebagai penerangan nya, api yang menyala dari lilin diyakini sebagai jembatan pemhubung antara dunia manusia dan dunia astral. Bloodymary merupakn tokoh legenda yang sudah berkembang turun temurun di Eropa dan di Amerika, banyak versi yang berbeda dari riwayat Bloodymary , ada yang mengatakan bahwa Bloodymary adalah seorang penyihir wanita bernama Maria Word yang dieksekusi mati oleh masyarakat. Ada juga yang mengatakan bahwa hantu wanita itu adalah Merry tu Dorc, ratu Inggris yang dibakar ditiang pancung karena menganut ajaran sesat selama 5 tahun pemerintannya.
6. PETAK
UMPET DENGAN MAKHLUK ASTRAL DI JEPANG
Anda mungkin
masih ingat permainan petak umpet, namun bagaimana rasanya jika teman bermain
kita adalah makhluk halus. Petak umpet dengan hantu ini berasal dari Jepang
yang bernama “Hitori Kakkurenbo”, permainan ini dinilai sangat berbahaya karena
bisa melukai para pemainnya.
Permainan ini sebenarnya berasal dari sebuah ritual di Jepang yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan roh yang gentayangan untuk berbagai keperluan, mereka menggunakan boneka sebagai pengganti tubuh manusia. Beberapa orang percaya bahwa permainan ini sebenarnya adalah ritual untuk memanggil arwah jahat yang ada didalam rumah ada juga yang mengatakan bahwa dengan memainkan petak umpet ini pemainnya mendapat refleksi dari diri sendiri, apapun yang telah dipanggil kedalam rumah itu adalah refleksi energi jahat yang ada didalam dirinya sendiri.
7. MEMANGGIL
ARWAH DENGAN KARTU
Permainan memanggil
hantu yang terakhir adalah dengan menggunakan kartu. Meskipun terlihat
sederhana tetap saja permainan ini bisa membahayakan pemainnya, karena itu
pemain biasanya menyiapkan banyak garam karena garam menimbulkan energi positif
yang membuat makhluk halus menghindar, setelah melakukan ritual khusus pemain
akan mengutarakan pertanyaan setelah itu pemain yang menjadi medium akan
memilih kartu yang terasa panas. Jika yang terasa panas adalah kartu waru
berarti jawabannya “tidak” jika yang panas bergambar hati jawabannya “ya” jika
yang panas adalah keriting jawabannya “kurang tau” dan yang terakhir jika yang
panas adalah wajik jawabannya adalah “mungkin”. Pertanyaan yang harus dihindari
adalah menanyakan identitas arwah yang datang karena itu akan membuat mereka
marah selain itu jangan pernah menanyakan jika mereka ingin masuk, karena itu
memberikan mereka tempat didalam kamar.
Sahabat semua Itulah permainan
memanggil hantu yang ada di dunia.
Comments
Post a Comment